Insisi Hordeolum, Ngeri Enggak Sih?

"Mi, mata lo bengkak. Kenapa itu?"

DISCLAIMER: Untuk yang udah baca di igstory, waktu itu gue sempet menjanjikan untuk cerita lebih lengkap ya hehe insya Allah tulisan ini menjawab pertanyaan klean. 

Pertanyaan ini lah yang sering banget terlontar dari orang yang habis ngobrol sama gue dan menatap mata gue lekat-lekat. Awalnya, gue cuma jawab "engga apa-apa, kantong mata gue emang bengkak dari sananya." 

Tapi setelah gue perhatiin, eh iya juga ya. Ini mata kanan gue kok rada bengkak gitu di bagian kantong matanya. Kejadian ini gue sadari sekitar bulan Agustus 2019, ketika itu gue lagi menjalani program Latsar. Cuma waktu itu, minggu pertama gue engga terlalu ambil pusing karena menganggap ini cuma bengkak karena efek kegiatan yang super capek. Trus pas masuk minggu kedua, karena mulai banyak yang nanya dan jadi worried juga, yaudah deh gue ke klinik di lingkungan badiklat.   

"Ini iritasi debu aja, mba. Saya kasih obat minum ya." Kata yang meriksa. 
Oh iya, wajar kalo iritasi debu. Soalnya minggu pertama tuh kegiatannya panas-panasan di luar ruangan siang bolong belajar PBB. Okedeh. Gue anggep case closed. Saking sibuknya sama kegiatan, gue sampe lupa kalo udah mau 3 minggu di badiklat dan kantong mata gue ngga kunjung kempes, bahkan nambah lagi niiii benjolan kecil segede jerawat di kelopak mata. Kalo gue pegang kayak kenyal gitu teksturnya. Hm. Baik. Mungkin ada yang enggak beres. Tapi anehnya, gue enggak ngerasa perih, berair atau ada yang ngeganjel gitu. Pokoknya semua berjalan dengan semestinya, tapi emang kurang enak dipandang aja. Setelah masa off campus alias kembali ke satker masing-masing, gue memutuskan untuk berobat ke rumah sakit terdekat. Gue berobat langsung ke dokter spesialis mata, biar ketauan gitu kan ya ini kenapa. Beruntungnya, jaman itu masih ada Kartu Bekasi Sehat, kartu ultimatenya warga Bekasi buat berobat tanpa dipungut IURAN dan BIAYA BEROBAT. Jadi, kontrol mata sampe nebus obat gratis hehe. Thanks WalikotakuπŸ™ Lanjut. Setelah diperiksa, dokternya bilang kalo mata kanan gue ini ADA ISINYA. Isinya apa tu? Apakah kentang, wortel, dan sayuran lainnya?  Isinya adalah kotoran yang terjebak di dalem mata. Semisal debu atau benda asing lain yang enggak keluar berbarengan dengan belek atau air mata. Karena terlalu lama terjebak, akhirnya dia ngga bisa move on  akhirnya kotoran itu mengeras dan menjadi nanah :( Serem ya? Emang dah, kalo yang terjebak terjebak itu nggak baik buat kesehatan. Wk.  Selain kotoran, bu dokternya juga bilang bisa jadi ini lemak yang berlebih. Jadi misal lo sering makan daging atau makanan lain yang tinggi kolesterol, nah larinya tuh ngga cuma ke darah aja, bisa jadi ke mata dan bikin bengkak. Di daerah mata ini ada kelenjar minyak juga lho. Setelah periksa, dokternya bilang 

"Mau dikasih obat atau langsung insisi aja, mbak?" 
"Insisi apa tuh dok?"
"Operasi kecil di bagian mata, mbak. Dibelek gitu" 
"HAHHHH DEMI APA SEGALA DIBELEK?" 

Waktu itu gue enggak nyiapin mental buat denger jawaban macam tu. Wajar lah gue shock, selain ditawarin buat operasi di bagian MATA, udah gitu operasinya dibelek pula. Wah, gabisa bayangin. Ngeri aslik. 
"Dok, kasih obat aja. Saya lagi dalam masa pendidikan soalnya, takutnya nanti kalo dioperasi sekarang ribet hehe" 
"Oh yaudah saya kasih obat ya salep, nanti diolesin di dalem kantong matanya. Semoga bisa kempes" 

Berikut penampakan mata kanan gue waktu itu. 

Nah, keliatan ga sih ada kayak benjolan cilik di kelopak mata???


Setelah berobat dan udah kelar latsar, masuklah ke tahun 2020. Setelah berobat ke dokter waktu itu, mata gue gimana? Gitu-gitu aja, bos. Yang hilang hanyalah bayanganmu benjolan di kelopak mata bagian atas. Alhamdulillah. Tapi makin lama makin ganggu. Entah ngaruh apa enggak, tapi kemampuan membaca pada mata kanan gue menurun. Kayak minus gitu lah, padahal sebelumnya gue enggak punya minus. Balik lagi lah gue ke dokter dengan persiapan mental yang cukup kalo semisal langsung disuruh operasi. Pas nyari dokter mata yang waktu itu pernah ngobatin gue, ternyata udah nggak ada hiksss. Yaudah, pilih dokter lain lah ya. Setelah diperiksa, ya hasilnya sama aja kayak waktu berobat tahun 2019. Kali ini, gue enggak pake Kartu Bekasi Sehat karena regulasinya udah berubah. Dokternya nyaranin langsung insisi aja tuh, tapi berhubung gue pake biaya pribadi, jadi kudu kroscek harga dulu yakan. Gataunya lumayan mahal :( giliran mental udah ada, duitnya yang kaga ada πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Karena gue udah pengen banget operasi, gue nyari informasi lah soal operasi pake BPJS melalui teman-teman blogger lainnya yang punya masalah serupa. Habis itu, cari RS yang terima BPJS dan ada dokter spesialis matanya. Oke, ketemu. Sip, berangkat. Mental udah siap nih semisal emang sakit banget yaudahlah ya anggep aja kayak sunat (?) 

TERNYATA EH TERNYATAAAAA SODARA-SODARA.... 
Berobat pake BPJS itu ribet, banget. Regulasinya panjang. Kudu antri dari pagi ambil nomor, antri lagi, antri terus :( 
Awalnya gue sabar, toh ini penyakit juga bukan penyakit yang kalo kaga diobatin saat itu juga langsung metong atau makin parah. Tapi lama-lama ya habis juga kesabaran princess. Selain harus bolak-balik, monmaap saya jadi keseringan izin sama kantor. karena jam berobatnya pagi dan kudu antri ambil nomor dari pagi-pagi buta. Gue kira sekali berobat bisa langsung tindakan, ternyata enggak. Tiap minggu izin ke kantor "pak izin mau berobat, doain semoga operasinya lancar". Tapi ternyata kaga jadi-jadi mulu operasinya -_- Hikmahnya, sekarang jadi paham regulasi berobat pake BPJS itu kayak gimana dan kudu sabar-sabar ngejalanin prosesnya. Kudu punya kesabaran seluas samudera deh supaya ga cepet misuh. Udah gitu, cari dokter yang prakteknya malem supaya ga bentrok sama jam kerja. Kata orang-orang sih, berobat pake BPJS itu "you pay for peanut, you get a whole zoo." Untungnya begitu. Tapi karena kesabaran udah habis, yaudah harus cari alternatif lain.  

 Karena udah memakan waktu yang cukup lama dan enggak kunjung ada perubahan, hamba kembali balik ke RS yang pertama dengan bekal mental yang cukup dan alhamdulillah duitnya ada juga. Jumat itu, 28 Februari, jadi hari bersejarah buat gue karena ini operasi perdana seumur hidup meskipun cuma operasi kecil. Langkah pertama masuk ruangan disambut senyuman ala psikopat manis dari dokter yang akan mengeksekusi hari itu. 

"Pagi Mbak, udah siap mau dioperasi hari ini? Gapapa kok sakitnya kayak di facial gitu." sambil masang sarung tangan karet trus ditarik-tarik sampe keluar bunyi CETAK CETAK. 

Gue, yang tadinya siap banget, begitu digituin malah nyalinya ciut. Ruangan jadi berasa dingin banget. Sekelibat muncul petuah nyokap sebelum berangkat operasi "Jadi cewek itu harus kuat. Operasi gitu doang mah kecil. Nanti kamu bakal ngelewatin operasi yang lebih gede lagi. Bukan cuma kotoran aja yang dikeluarin, tapi anak. Gapapa, inget Allah aja. Bismillah ya." 
(Pardon for this scene. Monmaap yak kalo rada lebay wk) 

Operasi dimulai.

Step pertama, mata gue ditetesin obat mata yang rasanya lumayan pedih. Setelah pedihnya ilang, disuruh merem trus dibersihin pake semacem betadine gitu kalo dari baunya. Abis itu susternya bilang "Jangan dibuka ya mbak matanya, ini udah mau dibius." 

CESSSSSSS. Terasa ada jarum yang nusuk bagian kelopak (atau kantong mata ya, lupa). Kepedihan pertama dimulai. Karena cuma bius lokal, ternyata nggak bikin mata gue berasa baal sepenuhnya kayak kalo lagi operasi gigi. Masih kerasa tuh dokternya mijit-mijit mata gitu. Trus tiba-tiba, nggak lama ada semacem penjepit yang ditaro di kantong mata. Itu kepedihan kedua. Ibarat kata naek halilintar dufan, ini lagi fase nanjak-nanjaknya nih. Masih pada haha hihi tapi ada rasa takutnya dikit. Selang beberapa menit, tiba-tiba.... 

"HWAAA SAKIT BANGET DOKKK INI DIAPAINNNNNN" teriak gue spontan, sambil ngeremes tangan susternya sekenceng-kencengnya. Maap ya Sus, reflek :( 

Sepertinya proses pembersihan dimulai, entah diapain tapi rasanya sakit banget. Kayaknya, dokternya lagi mencet bagian kelopak gue trus si kotoran yang menempel ini lagi ditarik keluar. Perih banget deh, asli. Rasanya lagi ada di bagian turunan trus diputer22 di halilintar. Antara mau nangis, mo teriak tapi suara udah gabisa keluar lagi saking takutnya wqwq. 

Operasi berlangsung sekitar 15 menit doang ternyata :" tapi rasa sakit yang ditinggalkan akan bertahan dibenakku seumur hidup. Njay. 

"Udah kok ini udah selesai, sebentar ya dibersihin dulu" Setelah kelar, mata gue dikasih kain kassa trus diplester. Keluar ruangan, berasa keluar ruang audisi karena semua pada ngeliatin wqwq termasuk bokap gue yang langsung sigap nyamperin trus nanya-nanya kek wartawan. 

INI DIA TERSANGKA YANG SELAMA INI HINGGAP DI MATA GUE. 
Bukan, bukan yang baju item. Itu yang diatas cotton bud. Sekecil itu emang. Tapi ngeluarin benda itu biayanya seharga xiaomi. wqwq. 


Setelah tindakan ini, seminggu kemudian disuruh kontrol lagi.Diliat perkembangan dll. Alhamdulillah sempet kempes dan kembali normal. Meskipun kenyataannya, akhir-akhir ini mata kanan gue kembali bengkak dan kayak ada isinya lagi. Hmmm. Mungkin sudah saatnya harus insisi kedua :( tapi semoga enggak harus insisi lagi lah, udah cukup menahan rasa sakit selama 15 menit tapi berasa sejam operasinya. Next gue bakal balik lagi ke dokter, cuma belum tau kapan karena kondisi lagi begini. Ngeri juga kalo mau berobat. Jadi sementara gue rutin kompres aja, meskipun rada ngeganggu sih emang. 


Nah, buat menjawab beberapa pertanyaan dari netijen yang suka tubir di lapak orang, berikut kompilasi pertanyaan yg sering ditanyakan atau bahasa kerennya FAQ terkait insisi hordeoulum ini. Jawaban di bawah ini murni berdasarkan pengalaman pribadi gue ya. Mohon maap apabila ada yg kurang tepat, silakan sampaikan yg lebih tepat di kolom komentar hehe. 

1.Operasinya sakit ga? 
Seperti yg udah gue bilang diatas, sakit cuy. Tapi kalo udah biasa disakitin sih harusnya kebal wqwq engga deng. Maksudnya, kalo udah biasa facial yg dipencet2 jerawatnya sampe meletus atau sedot komedo tapi rasanya kayak nyedot nyawa, insisi ini sakitnya kayak gitu. Mungkin krn di bagian mata yg notabenenya jarang disentuh dan sensitif, jadi kaget gitu. 

2. Pemulihan habis operasi berapa lama? 
Kalo ini relatif. Pengalaman gue setelah insisi sih seminggu kemudian udah rada kempes. 

3. Kambuhan nggak sih ini?
Yep. Dokter bilang sih ini kambuhan. Tapi nggak menutup kemungkinan juga lebih kebal setelah operasi. Balik lagi ke kebiasaan makan sama ngejaga kebersihan di sekitar mata. Buat cewek-cewek, jangan tidur pake make up ya. Apalagi make up bagian mata masih on. Selain serem, nggak bagus juga buat kesehatan mata. Ini bisa jadi trigger kotoran mengeras tadi lhoo.

4. Saran supaya nggak kena kayak gini? 
Kurangin konsumsi makanan berlemak sama protein tinggi, ya. Bersihin daerah mata. Jangan kucek2 mata apalagi tangan kotor. Kalo malemnya nangis karena kangen pacar   apapun itu, kalo bisa jangan dibawa tidur tapi cuci muka dulu. 

Segitu aja sih dari gue, semisal ada yang mau ditanyain lagi, boleh DM ke Instagram @miawariesta atau melalui kolom komentar. 



P.s: Duh, sebenernya nih tulisan harusnya rilis sebelum pandemi. Tapi krn mager dan kedistract sana sini jadi baru sempet dterusin lagi hmmm. Stay healthy semua! xx. 












Komentar

Postingan Populer