FROM A TO Z : PENGALAMAN INTERVIEW KERJA (PART 2)

 "Sometimes, God takes away something you never expected to lose, but He will replace it with something you never imagine you could have"  


Memanfaatkan hasrat menulis yang masih menggebu-gebu, jadi langsung aja kita lanjut part 2nya ya hehehehe. Seperti yang udah gue tulis di lapak sebelah, sebelum gue akhirnya mengabdikan diri pada negara, gue sempet mendapatkan pengalaman spiritual interview yang beragam. Sebenernya, at that time, gue emang udah kepengen pindah kantor. Dari berbagai pertimbangan, akhirnya nekat lah buat kirim-kirim cv dan dateng interview secara diam-diam. 

So Far Away Interview: Perusahaan FMCG, Posisi Marketing Communication Specialist

Interview ini menurut gue terjauh sekaligus terabsurd dari sekian interview yang pernah gue jalanin. Terjauh, karna lokasi interviewnya tuh di Jakarta Utara, dan pada waktu itu, menurut gue tuh itu Jakarta paling utara yang pernah gue datengin. Transport udah pasti susah, lokasi antah berantah, yang paling bikin shock: interviewnya di gudang. Iya, di gudang. Bayangan gue kan kantor-kantor FMCG tuh di tengah kota, gedung bertingkat, banyak produknya. Ternyata pas dateng ke ni kantor, yang bener cuma poin terakhir aja, banyak produk. Gimana nggak banyak, orang interviewnya di gudang wkwk :(( Gue nggak ngerti deh, apa itu kantor cabang, anak perusahaan, ato third party ato apalah apalah. Tapi aneh ajaaaaaa. Gue kan interview posisi marcom yak, bukan kepala gudang atau produksi. Kenapa gitu harus interviewnya di gudang produksi 😰 udahlah kantornya nyempil, pintu masuknya kayak pintu rumah,  trus di dalem ruang tunggunya pake kipas angin, ditambah yang kepanggil interview tuh ada 5 orang. Konsepnya mungkin sebelum interview kita disuruh rebutan oksigen dulu kaliya, yang paling survive dia yg lolos ke babak selanjutnya. 


Setelah kurleb 30 menit  banjir keringet kepanasan di ruang tunggu nunggu, akhirnya datenglah si user ngonyeng ngonyeng jelasin dikit, trus tahapan selanjutnya psikotes. Nah, di sini letak ketololan gue. Karna di email gue udah kirim portfolio, jadi deh tuh gue dengan pedenya dateng interview cuma bawa form yang harus diisi tanpa bawa print-an portfolio. Gue mikirnya "yaudahlahya, ngapaen print porto, ntar kan bisa dikasih liat dr hp". Gataunyeeeee, ni perusahaan masih kolot banget. Apa-apa maunya diprint, termasuk CV atau Portfolio tapi dia nggak ngeinfoin di email pemanggilan. Ya nggak salah juga sih, tapi yang membagongkan...........

👨: CV dan form dikumpulin ya
👧: *ngumpulin form doang* 
👨: Mia Ariesta, CVnya mana? 
👧: saya udah submit via email Pak, jadi ga saya print lagi 
👨: OH. Yaudah ibu-ibu, tunggu sebentar ya. Saya akan kembali setelah pesan-pesan berikut ini ambil lembar psikotesnya 

*nunggu dalam hening* 
*doi balik* 

👨: buat yang namanya nggak saya sebut, boleh meninggalkan ruangan ya. Mba A, Mba B, Mba C, Mba D.
👧: *menunggu dipanggil seperti orang tolil* 
👨: silakan dikerjakan psikotesnya ya 
👧: pak, saya belum dapet lembarannya
👨: kamu ga dipanggil kan? yaudah silakan meninggalkan ruangan ini
👧: *kaget, bingung* oh yaudah makasih pak. 
*keluar ruangan, pesen gojek, di jalan linglung kayak abis kesirep* 




Karna gue ga bawa Portfolio, gue dinyatakan GUGURRRRRRRR BAHKAN SEBELUM PSIKOTES. Di jalan jujur gue bingung linglung karna selain kaget, gue malu juga astaghfirullah kok disuruh pulanggggg heyyy bahkan lo liat kemampuan gue aja belommmmmm😭 yang paling bikin nyesek, udah perjalanan jauh banget, gue udah bela-belain cuti kantor, gagal interview cuma gara-gara ga ngeprint portfolio. kalo emang itu vital banget, ya minimal diinfo di email gitu lho. Aku kan anaknya milenial banget, digital savvy, paperless minim inisiatif, ga kepikiran tuh ternyata ngeprint Portfolio adalah hal wajib yang bahkan bisa mengugurkan rangkaian interview di awal. Sepele, tapi yaudahlah namanya perusahaan punya regulasi masing-masing. Dijadiin pelajaran aja kalo ternyata ada juga perusahaan FMCG yang kantornya di kalo mau interview kudu bawa harta pusaka CV atau Portfolio meskipun hal tersebut udah dikirim via email :)))) 

Shocking Interview: Kantor Pemerintahan, Posisi: Staf PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) Bagian Humas 

Shocking interview karna ini stepnya satset banget bahkan gue sampe kaget pas baca undangan interviewnya. Jarak dari gue ngirim email ke dipanggil interview tuh lama banget, tapi jarak dari email masuk ngundang interview ke tanggal interviewnya tuh deket banget. Udah gitu yang bikin shock, mereka nge-email hari jumat, proses interviewnya minggu, dan sifatnya juga bukan interview. Jadi karna gue ngelamar sebagai humas, mereka mau langsung ngetes kemampuan para pelamarnya dengan nyuruh kami dateng langsung ke acara kantor itu, trus langsung disuruh live report dan ngonten saat itu juga. Emang dasar nggak berjodoh, posisinya waktu itu gue lagi ada acara keluarga di puncak dari hari sabtu (ini juga gue datengnya udah kesorean karna abis interview juga di Media Online). Kayak ga mungkin ajaa gitu minggu paginya gue langsung cabut lagi ke Jakarta buat ikut proses ini. Udah gitu, waktu itu posisinya gue masih kerja di Bandung yang which is Minggu malem gue udah harus balik ke Bandung. Daripada badan gue abis di jalan, jadi gue relakan aja deh proses ini. Padahal kepengen banget, tapi yaudahlah namanya juga nggak jodoh hehe. 

Belakangan akhirnya gue tau, pola rekrutmen staf PPNPN di kantor pemerintahan tuh emang secepet itu. mereka nggak kenal tuh sama sistem one month notice kayak perusahaan swasta. Bikin lowongan butuh pegawai, interview, cocok, besoknya langsung masuk dan jarang banget bisa nego "bisa masuknya bulan depan ga? karna harus one month notice dr kantor lama", karna mereka tuh sifatnya kayak butuh cepet. Jadi buat yang masih kerja di swasta dan mau coba ikutan proses rekrutmen staf PPNPN, coba dipikir-pikir lagi yaaa hehehe kecuali lo bawaan orang dalem


'Almost is Never Enough' Interview: Perusahaan Media Olahraga Online, Posisi: Junior Analyst

Proses interview ini gue lakukan sebelum gue keterima kerja pertama di Bandung. Kebetulan, media online ini juga basenya di Bandung. Jujur, excited banget pas dapet tawaran interview dari media ini. Soalnya gue suka banget baca artikel dari media ini, dan emang pengen jadi sport journalist. Jadi begitu dipanggil, ih seneng banget! Lesgow berangkat ke Bandung buat interview bareng bokap (iya doi ngikut soalnya jauh katanya, jadi ditemenin). Lokasi kantornya tuh di perumahan gitu, jadi gue mikirnya "oh mungkin ada kantor di dalem perumahan ini". Ternyata pas sampe, kantornya tuh ya literally rumah. Ada 2 rumah yang mereka sewa buat kantor. Lokasinya jujurrr buat pendatang kayak gue tuh kurang strategis karna nggak ditengah kota dan nggak banyak perkantoran. Yang gue pikirin waktu itu cuma "gue ngekost dimana ya ntar?". Trus bokap gue juga agak mengernyitkan dahi pas tau kalo kantornya modelan rumah gini. Pas masuk, langsung interview sama pemred dan salah satu penulis perempuan yang artikelnya udah sering juga gue baca di media itu. Pas dijelasin, nantinya roles gue adalah menganalisis pertandingan Liga 1 trus bikin analisis singkatnya tiap pertandingan. Dijelasin juga kalo waktu libur gue adalah hari Rabu, pas pertandingan libur. Kalo Sabtu Minggu malah harus masuk karna big match biasanya di weekend dan akan lebih heavy nulisnya. Selama dijelasin dan interview, gue sih suka dan merasa inginnn bergabung jadi bagian dari media ini. Meskipun kayaknya ga bakal diijinin sih ama bokap karna kantornya rumah dan mayorits pegawainya laki-laki. Tapi yaudah, abis interview mereka janjiin akan ngehubungin lagi kalo emang cocok. 

Sebelum pulang, pas lagi siap-siap, eh tiba-tiba datenglah sosok penulis idola gue yang merupakan salah satu founder media ini. Kyaaaaaa, starstruck paraaaah. Blio adalah salah satu alasan gue pengen kerja di media ini. Soalnya keren banget penulisannya. Cara blio menulis tuh bikin kita terhanyut dan gaya tulisannya juga khas banget. Sayangnya, karna gue pemalu, gue ga berani minta foto bareng😣 


Setelah beberapa hari, gue ditelpon lagi sama pemrednya dan bilang kalo gue lolos interview. Senengnya bukan main. Eh, tapi pas bahas gaji, langsung berasa jatoh ke tanah alias diluar ekspekstaksi. Gajinya kecil sekali, waktu itu ditawarin berkisar 2,5jtan full time. Buat freshgrad yang gaada pengalaman mungkin bisa disyukuri, tapi karna gue di Bandung akan ngekost, jadi kayaknya dengan gaji segitu nggak mungkin bisa idup deh :( ditambah lingkungannya waktu itu kurang strategis. Berat banget emangggg. Tapi harus realistis. Akhirnya dengan hati yang lapang, gue menolak job itu huhuuuuu. Padahal lokasi udah impian banget, kerjaan juga sesuai passion (pada waktu itu otak gue pokoknya bola mulu dah kayak ucup bajuri), kantornya juga kantor yang gue impi-impikan, plus bisa kerja bareng sama idola pula. Ah, tapi apa mau dikata, daripada idup terseok-seok di sana, mending mundur di awal deh. Semoga bisa berjodoh dilain waktu, di saat kita sama-sama dalam kondisi terbaik *halahhhh*
 

Emang bener kata Mbak Ariana Grande, Almost is Never Enough😥


 


Komentar