From A to Z : Pengalaman Interview Kerja (Part 1)

 "Tidak Ada Pelaut Hebat Lahir Dari Laut yang Tenang" 


Merayakan kembalinya mood menulis, kali ini gue akan membahas soal lika-liku pengalaman interview kerja yang udah pernah gue alamin selama kurang lebih 6 tahun berkarir *anjay*. Trigger gue nulis ini sih sebenernya karna belakangan ini sering banget liat tweet soal fresh grad yang kesulitan dapet kerja. Tantangannya mungkin beda sama jaman gue dulu waktu masih fresh grad juga. Kalo gue dulu mungkin tantangannya cuma karna ga punya pengalaman, gatau harus jadi apa, gapunya tujuan, dan saingannya orang-orang yang udah punya pengalaman, kalo fresh grad akhir-akhir ini, selain yang udah gue sebutin, mereka ketambahan 1 challenge lagi: pandemi, pasca pandemi. Banyak perusahaan yang cut off pegawai yang menyebabkan boro-boro butuh fresh grad, pegawai lama aja pada kena cut off. Sad but true. 


Ngeliat susahnya dapet kerja, gue jadi flashback ke beberapa tahun lalu di mana gue masih jadi job hunter. Sebenernya sekarang sih masih ada hasrat di dada untuk berselancar, tapi ruang gerak sudah terbatas bahkan terkunci oleh NIP *if you know what I mean xixixi*. 


Dulu, waktu baru lulus, gue pengen banget jadi reporter atau jurnalis. Pokoknya kerja di media deh. Nggak pernah kepikiran tuh mau jadi PNS :( wkwk pokoknya pengen dapet kerjaan yang berbau nulis. Waktu awal-awal apply di portal job macem jobstreet dkk, selektif banget lah. Maunya ini itu, gamau ini itu. Lama-lama, udah sebulanan nganggur, capek juga. Apalagi liat temen yang wisuda bareng, udah pada kerja. Trus juga uang udah mulai tiris, gabisa kemana-mana. Akhirnya gas deh apply ke lowongan yang bisa all majors. Singkat cerita, akhirnya datanglaaaah panggilan interview pertama sepanjang kehidupan yang fana ini. Selain interview pertama yang berkesan, ada beberapa interview yang sampe sekarang gue inget karna punya tempat masing-masing di hati gue. 

First Interview: Perusahaan Supplier Bahan Kimia, Posisi: Sekretaris. 

Jujur, ngang ngong banget. Udah mah ga ngerti perusahaannya bergerak di bidang ape, posisinya sekretaris pula. Model komuk kayak gue gini mana cocok sih jadi sekretaris wkwkwk hufttt. Pernah sih punya pengalaman jadi sekretaris, tapi sekretaris UKM. Tapi yaudah, show must go on yakan. Tetep dateng dengan pedenya, sambil baca-baca latar belakang perusahaannya. Pas interview, kalo diinget bikin maluuu karna grogi parahhh dan sekosong itu. Yang bikin grogi juga, diinterview langsung sama  orang yang bakalan jadi atasan. Yah, pokonya interview berlangsung singkat karna sangat tidak menarik lah😂😂😂 pulang dari situ, akhirnya tau gimana vibes interview dan semakin tertantang buat dipanggil di tempat lain. Meskipun agak takut juga kalo tiba-tiba dipanggil interview sama perusahaan kayak gitu lagi wqwq. 



PHP-Interview: Perusahaan Media, Posisi: Social Media Specialist

Ini bukan interview kedua gue, tapi interview ini salah satu yang masih membekas banget sampe sekarang. Oiya, interview di perusahaan ini terjadi ketika gue udah bekerja di salah satu digital agency di Bandung (yes, this is my very first profesional job) sebagai socmed specialist. Tarik ke belakang dikit, setelah melanglang buana nyari jati diri "gue harus jadi apa?", akhirnya gue nemuin roles yang ideal buat gue: Social Media Specialist. I love writing, I love social media. This is my passion. Sebenernya waktu kerja di kantor pertama ini, di awal semua terasa menyenangkan. Kantor kecil tapi oke, rolesnya juga I like, ditambah lokasinya. Bandung is my dream city. Pokoknya cinta banget ama Bandung sampe kepengen tinggal di sana. Bela-belain sampe penelitian skripsi di sana. Eh akhirnya berjodoh juga kerja di sana. Meskipun ternyata realita tak semanis senyum Donghae, akhirnya cuma 6 bulan aja sanggupnya karna satu dan lain hal. Nah, dalam masa pencarian pengen balik lagi kerja di Jakarta, masuk lah nih panggilan interview dari media ini. Karna itungannya gue udah punya pengalaman, jadi udah punya bargaining position dan tawaran kerja pun makin banyak. Salah satunya dari perusahaan ini. Dari awal udah tertarik bangettt. Roles udah gue banget, ditambah perusahaan media pula. Duh, It's my dream Mas! Meskipun sebenernya sempet mikir "duh kantornya jauh banget, kudu transit kereta berkali-kali", tapi yaudah hajar terus ajaaa.

Tahapan pertama psikotes, lulus. Tahapan selanjutnya wawanacara HR, lulus. masuk tahapan selanjutnya, wawancara user. Di sini alhamdulillah lulus juga, dan keliatannya si user ini udah suka banget ama gue *hehe monmaap pede bener lu mik*. Akhirnya masuk ke tahapan terakhir, wawancara sama petingginya. Pas interview terakhir ini jujurrr di luar prediksi BMKG, ditawarin gaji yang menurut gue ga masuk akal sih buat perusahaan di Jakarta (ditambah jarak perusahaannya jauh bet dari rumah, otomatis pasti ngongkos lebih mahal). Disitu gue coba nego, tapi mentok. Dah gitu benefit macem asuransi dll-nya standar banget. Tapi lagi-lagi karna aries ini terlalu menggebu-gebu, gue sempet mengiyakan dengan catatan gitu. Trus udah sempet tanda tangan semacem kayak kontrak gitu, tapi di akhir pertemuan HRnya sempet bilang "nanti kita kabarin lagi ya mba".  Seminggu gue tungguin, kaga ada whatsapp ni dari mba HR. Yang paling ngeselin, minggu besoknya gue chat udah gabisa alias gue diblock. Kok bisaaaa perusahaan gede gitu tapi mengakhiri proses interview karyawan dengan cara ngeblock calon pegawainya. Aneh banget, dan mengecewakan. Tapi akhirnya setelah melewatinya, gue menyadari dan bersyukurrrr ga kerja di sana. Selain kantornya jauh, kayaknya ga worth aja gitu kalo dengan gaji yang ditawarkan gue harus kerja rodi. Tau sendiri lah ya media pasti pacenya gila. Yang bikin bersyukur lagi, setelah sedih-sedih dan kecewa karna gagal kerja di media, eh datenglah panggilan interview yang satsetsatset dan lancar banget. Kayak emang Allah udah nyiapin nih jalan gue ke sana, dan sesuai nih sama: 




Smooth Interview: Perusahaan Digital Agency, Posisi: Social Media Specialist. 

Ini dia perusahaan yang akhirnya mengobati kekecewaanku karna diblock mba-mba HR perusahaan media. Bener-bener rencana Allah tuh emang luar biasa deh. Di perusahaan ini, tawaran salary lebih oke, posisi kantor sangat strategis (tengah kota, naik krl cuma sekali😇), suasana kantor juga ga kaku, dah gitu pas proses interview gapake kebanyakan layer. Dateng, langsung interview user. Usernya juga sangat menyenangkan huhuuuu berkah banget deh. Next meeting langsung disuruh present salah satu brand yang pernah dihandle. Abis present, langsung diajak one o one lagi sama user, trus ttd kontrak, besoknya bisa masuk kantor. Bener-bener smooth banget sampe gibisi berkiti-kiti. Emang dah ya, kalo jodoh tuh sesuatu yang ga mungkin jadi terlihat sangat mungkin. Poin plusnya lagi, setelah menjalani pekerjaan ini, alhamdulillah atmosfer divisinya sangat positif. Dari perusahaan ini, jujurly sehonestly dapet pelajaran banyak bangettttttt yang ilmunya kepake bahkan sampe sekarang. Dapet juga channel-channel untuk SJ-an dari kantor ini xixixi. Julid julid gesekan sana sini mah pasti adaaaa, tapi seenggaknya ada tempat berkeluh kesah yang proper karna solidaritas divisi wqwq. 

Meskipun endingnya harus cabut dari perusahaan ini karna satu dan lain hal, tapi gue sangat berterima kasih sama semua yang membantu gue berproses di sini. Prosesnya ga mulus, tapi selama setahun 2 bulan di sana, bersyukur banget pokoknya. Kerjaan di sini bener-bener bikin gue menyadari passion gue di mana dan membuka banyak peluang lain yang bisa menimbulkan cuan wqwqwq. Salah satu yang paling berkesan sih momen live report brand. Capek iyaaa, tapi seneng! Pengen banget kalo ada lagi mah HAHAHAHA (yuk bisa yuk 2023 live report lagi😆)


 Karna yang ini berkesan kearah positif, jadi yaudah gue spill deh rangorang yang bikin gue berkembang xixixi. 


Setelah dari sini, ke mana mi? Setelah dari sini, alhamdulillah dapet kerjaan yang kontraknya 35 tahun alias siap mengabdi😂 Tapi sebelum pake seragam korpri, ada beberapa cerita interview lainnya yang jauh lebih membagongkan. 

Berhubung dah mau buka, jadi part 1 sampe sini aja ya. Perusahaan apa lagi yang bikin gue terkejut terheran-heran bahkan yang bikin gue nangis di gojek abis di interview? 

Tinggalin jejak dulu, kalo rame, lanjut part 2😉











Komentar

Postingan Populer