Diklat rasa Karantina AFI

DISCLAIMER: Buat kalian yang ngerti maksud dari singkatan diatas, selamat!!! Kalian udah tua😂😂 (apasih mi, jayus lu ah)



Sebelum ceritain diklatnya, intermezzo dikit dulu ya. Setelah melakukan self quarantine karena wabah pandemi yang bakal menghiasi buku-buku sejarah anak-anak kita nanti anjay ,  nemu banyak banget hidden gem di socmed, salah satunya video potongan vokal finalis Akademi Fantasi Indosiar season 1 yang mana menghiasi televisi semasa gue SD (iya, ketauan ya umur gue berapa skrg hmmmm). Buat yang ngga tau, AFI a.k.a. Akademi Fantasi Indosiar tuh merupakan acara pioneer kontes nyanyi (CMIIW) yang sempet hype banget di awal tahun 2000an. Yang paling gue inget dulu juaranya Very dari Medan. Padahal waktu itu jagoan gue Mawar. Yah, tapi Very emang lebih bagus sih suaranya. Paling jarang dikomentarin soal Pitch Control sama Mbak I'ik. Trus dulu ada sosok yang dituakan, sering dijadiin tempat curhat para peserta karena tekanan batin selama di karantina di Rafflesia Hills Cibubur, yaitu Mami Icha en Papi Smile. Adegan paling memorable di kontes nyanyi ini adalah saat Adi Nugroho ngumumin siapa yang harus tereleminasi dan pake gimmick bawa koper. Kalo jaman sekarang masih ada yang suka ngejokes bawa-bawa koper sambil bilang tereleminasi, fix lo tua. wk. 
Oiya, buat yang mau liat videonya, bisa ke sini. Barangkali pen liat komuk Very AFI sekarang udah kek mana, ato mau liat Mawar yang tetep cantik ampe sekarang, klik ini yaaaa: A moment to remember: AFI 1

Yaudah, intermezzonya segitu aja ya. Masuk pada pembahasan inti semacem bab 4 dalam skripsi gitu. 

Menyambung tulisan sebelumnya mengenai perCPNSan duniawi, tulisan kali ini akan membahas bagaimana lika-liku agenda wajib yang harus dilalui oleh semua CPNS, yaitu DIKLAT LATSAR atau jaman dulunya disebut Prajab. Masing-masing instansi yang menerima CPNS wajib melakukan kegiatan ini sebelum pengangkatan. Sertifikat Latsar ini nantinya juga akan dipake sebagai persyaratan pengangkatan jadi PNS. Wajib banget hukumnya ikutan agenda ini, bahkan yang lagi hamil juga harus ikut. Masing-masing instansi juga punya kebijakannya sendiri-sendiri nih dalam pelaksanaannya. Tapi untuk materi, tata cara dan durasi, semua berpatokan pada Peraturan LAN. 
Karna kebetulan w ini bagian dari Sekretariat Jenderal KPU RI yang ditempatin di Kabupaten/kota, jadi ya latsarnya ngikut peraturan dari pusat. Karena KPU ni banyak banget, jadi pelaksanaan Latsar pun dipisah-pisah. Kebetulan, gue kebagian ikut Latsar bareng temen2 di KPU Pusat, KPU Jawa Barat, DIY, dan 2 kawan dari KPU Jawa Timur. Untuk kloter yang gue ikutin, latsar diadakan di balai diklatnya punya Kementerian Kelautan dan Perikanan di daerah Subang dan dilaksanakan selama 3 minggu. Kalo denger cerita dari kawan-kawan instansi lain yang udah latsar duluan sih, kegiatannya akan sangat melelahkan. Awalnya, sebelum berangkat tuh udah mengira bahwa lokasi diklatnya di daerah Subang di mana dataran tinggi dan dingin. Ngga taunya di daerah subang bawah alias pantura bossss. Literally di pinggir jalan Jalur Lintas Pantura yang dulu suka masuk berita pas jaman mudik karena macet. Kiri kanan enggak ada apa-apa, cuma ada warung-warung yang hmmmmm pokonya jangan masuk dah wk. 


Jujur, momen latsar ini gue tunggu-tunggu banget karena mulai kehilangan arah di kantor akibat tidak ada temen yang sama-sama CPNS juga. Fyi juga nih buat temen-temen yang kemarin ikutan tes CPNS 2019 di KPU. Nantinya, kalian akan ditempatkan di satker-satker yang tersebar sesuai zona yang kalian pilih (kudu siap yaaa karena ini akan jadi kejutan termengejutkan sepanjang tahun wk). Nah, kalo tahun 2018 kemarin, untuk zona 1 itu rata-rata cuma dikasih jatah 1 orang per satker, atau paling banyak 2 orang. Kebetulan saya kebagian yang sendirian di satker. Tak ada teman sesama CPNS di satker baru dan diawal juga ngga dikumpulin dulu nih anak-anak CPNS alias langsung disebar ke satker. Langsung masuk, langsung kerja gapake orientasi tugas. Belajar mandiri aja, learning by doing gitu. Sebagai anak ingusan yang sebelumnya udah jauh meninggalkan dunia perpolitikan karena terjebak di zona nyaman digital ahensi, gue bingung banget asliiii. How bureaucracy works tu different bgt sama kantor swasta, apalagi digital ahensi yang penuh dengan haha hihi dan temen sepantaran. Makanya, begitu ada panggilan latsar, langsung bersemangat banget karena AKHIRNYA akan ketemu temen-temen seangkatan sesama CPNS yang dulu sempet saingan pas SKD dan SKB. Mungkin sama senengnya kayak waktu Mawar, Ve, Rini, Latsmi, Icha, Hera, Yeni dll masuk dalam karantina AFI di Rafflesia Hills Cibubur. Awalnya seneng, lama-lama tertekaaan karena begitu masuk ngga akan bisa keluar sampe akhirnya waktu dan dukungan sms dari pemirsa lah yang menentukan kapan kita pulang. 


Part 1: Sistem Latsar kayak gimana sih, Mi? 

Latsar ini dibagi 2 term. On Campus dan Off Campus. Saat On Campus, kita dikasih materi yang super banyak sebagai bekal untuk menjadi Abdi Negara yang ideal dan idaman mertua . Persis jaman kuliah, akan ada pertemuan tatap muka selama 2 minggu pertama dan persiapan seminar rancangan aktualisasi pada minggu ketiga. Rancangan aktualisasi ini semacem rencana inovasi yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki atau memperbarui sesuatu yang ada di sub bagian kalian di satker. Bingung? Wk. Semisal nih, kasusnya si  A ditempatkan di Sub Bagian Teknis dan Hupmas. Nah, saat Latsar ini si A wajib memikirkan dan merancang, kira-kira kegiatan apa yang bakal dia lakuin ketika nanti udah balik ke satker yang berhubungan sama sub bagian si A. Hal ini juga ada kaitannya sama materi yang kalian dapetin selama 2 minggu pertama. 

Sebelum pulang ke satker masing-masing, peserta wajib melakukan seminar proposal aktualisasi yang didampingi oleh mentor masing-masing. Gue nggak akan bahas detail tentang materi apa aja yang didapet karena gue udah lupa   karena takutnya abis ini gue ditarik jadi widyaiswara. Oke, lanjut. Nanti, saat masuk pada masa Off Campus, peserta wajib mengaktualisasikan rencana yang udah dibuat dan diseminarkan saat masa On Campus. Peserta dikasih waktu selama 1,5 bulan untuk melakukan rencana-rencana itu lalu akan kembali dipresentasikan hasilnya saat masa On Campus term 2. Semacem seminar hasil gitu deeeh. Hal ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui sebenernya rancangan yang kalian bikin itu udah tepat sasaran atau belum dan apa manfaatnya untuk satker. Karena sebaik-baiknya CPNS adalah CPNS yang bermanfaat, apalagi kan CPNS jaman sekarang ni masuknya ke generasi Milenial. Pasti banyak ide-ide cemerlang yang fresh, yang bisa dituangkan dan diaplikasikan pada tataran birokrasi. Ya meskipun nggak mengubah banyak karna pada prinsipnya CPNS bukanlah pengambil kebijakan, tapi seenggaknya spirit yang ditanamkan bisa jadi inspirasi PNS lainnya hehehehehe. 

Setelah kalian melewati seminar hasil yang deg-degannya hampir sama kayak pendadaran, nanti akan dinilai tuh performa selama latsar dan kualitas aktualisasi kalian. Setelah itu, baru deh dinyatakan lulus atau enggaknya. Trus ada pemilihan peserta terbaik juga. Jangan tanya gue dapet atau enggak ya, secaraaaa gitu kamar gue kena sidak widyaiswara karena tidak rapih 😅😅 


Part 2: Suka duka selama Latsar 

Latsar ini asik banget, asli. Buat gue yang pola hidupnya tidak teratur, termasuk pola makan yang berantakan (thats whyyyy gue punya maag hufttt), latsar ini semacem healing buat gue. Meskipun pressure everywhere, tapi dengan ditentukannya jam makan, jam solat, jam mandi, jam nelpon pacar, dan jam kegiatan lainnya, gue merasa lebih hidup aja gitu. Ditambah ketemu temen-temen seumuran yang lawakannya sefrekuensi. Latsar yang terasa lama awalnya, jadi cepat juga berlalu. Meskipun harus menahan rindu dengan pacar yang jauh di sana jajanan emol, tapi yaudahlah. Latsar ini terapi buat gue, terutama buat kondisi perut yang lagi ngga beres waktu itu gegara gue jarang makan sayur. Selama Latsar, makan udah ditentuin lauknya apa, trus selalu ada sayuran dan buah. Otomatis, pencernaan yang tadinya bermasalah jadi alhamdulillah kembali normal. Udah gitu ngga perlu capek-capek mikirin "duh entar makan siang apa ya?", cukup ikutin jadwalnya tepat waktu maka makanan akan tersaji setap hari di jam yang sama. Nikmat mana yang kau dustakan? 😂

Meskipun ya capek banget sih, asli. Banyak juga yang cerita kalo mereka berantem ama pacarnya karena pola komunikasi yang buruk semenjak Latsar wkwk. Ya gimana nggak buruk? Tiap hari kita 'dipaksa' buat bangun dan standby jam 4 pagi di Musholla untuk ikutin agenda rohani, lalu lanjut dengan olahraga perzumbaan duniawi, trus balik ke kamar, mandi buru-buru, lanjut sarapan, abis itu apel, masuk kelas, break jam 12 buat solat sama makan siang, trus lanjut kelas lagi sampe magrib (ada jeda ashar, tapi cuma stgh jam trus masuk kelas lagi). Malemnya mandi, makan malem, trus nyantai bentar, abis itu apel lagi 😭😭😭😭😭😭 baru deh break tidur. Malem baru mau chat-chatan, eh udah ngantukkkkkkk karena lelah banget huhu. Kadang nyari waktu buat pup aja tuh susah bangettt kalo nggak pagi-pagi buta abis zumba atau pas lagi kelas. Sepele, tapi pasti diiyakan oleh sebagian besar peserta Latsar wk. Beberapa kali ada kelas yang cuma sampe ashar sih. Jam ini dimanfaatkan untuk anak-anak lain selonjoran, tapi kalo gue kadang ikutan main basket atau futsal bareng yang lain, karena udah penat banget ama kegiatan kelas. Setelah liat kegiatannya kayak gini, semoga pacar22 temen yang dulu ngomel22 pas Latsar, jadi mengerti ya kenapa pola komunikasinya nggak kayak biasanya. Untung pacar gue pengertian. 


Intinya nikmatin aja prosesnya. Seperti kata senior-senior PNS dan Sekjen KPU RI yang disampaikan pada penutupan Latsar, momen ini akan dikenang sampe kita pensiun nanti. Soalnya, Latsar ini cuma dilakukan sekali seumur hidup sampe pensiun. Karena Latsar inilah yang akan mengantarkan kita untuk Menuju Puncak gemilang cahaya mengukir citra seindah asa. #YouSingYouLose 


Yaudah, segitu dulu ya ceritanya. Semisal ada yang mau nanya-nanya (kali aja ada gitu), feel free to hit me on Twitter @miawariesta ya. Semoga klean klean yang lolos SKD, dimudahkan jalannya untuk tes SKB dan berhasil lolos jadi CPNS tahun ini, yaaa! Hwaitingggg. 




Cheers to my squad! 
-Tim Satker DKI-Jabar- DIY-Jatim-



















Komentar